Kamis, 10 Februari 2011

Analisa alat praktikum jurusan Sistem Komputer

Di sini saya akan menganalisa alat pada praktikum jurusan Sistem Komputer. Di mulai semejak masuk semester 3 dan sterusnya dengan di antaranya:

1. Eldas (electronika dasar)

Mungkin bisa di ketahui di sinilah awal mula pembelajaran jurusan di mulai (secara menjurus ke jurusan yang saya ambil. Praktikum ini mempunyai tata tertib yang agak begitu menakutkan, tetapi jika dilaksanakan dengan baik begitu menyenangkan. Ketika pendaftaran proyek (pembuatan alat) saya mengambil alat sirine dengan menggunakan IC LM389, seperti ini skema rangkaiannya:



di sini setiap praktikan boleh konsul mengenai alat proyek yang akan di kerjakan, di mulai dari kunsul komponen, jalur, pembeliannya, dll. Ketika sudah mendapatkan skema proyek dan kode proyek saya langsung membuat layout (tanpak bawah dari skema diatas) untuk di gambar pada papan PCB, seperti inilah layout saya meskipun muter-muter yang penting tak ada jumper dan kesalahan yang patal, seperti salahnya jalur, salahnya penggambaran pada papan PCB, terbaliknya penggambaran IC, dll.




Praktikum ini bisa terbilang masih mudah tapi pembuatan jalur bisa di bilang begitu susah, beberapa teman saya pun ada yang sampai menyerah atau dia mengulang lagi penggambaran pada PCB.


2. Sisdik (sistem digital)

Dimana praktikum ini merupakan tahap ke 2, bisa di bilang praktikum semester 4. Di praktikum ini agak berbeda dengan sebelumnya tapi tetap bertemu dengan komponen-komponen elektronika dasar. Di praktikum ini di mulai penggunaan komputer, untuk penghitungan gelombang analog atau digital. Dengan penggunaan sofware xilink terdahulu masih di pakai di lab ini, peraturan pun berbeda dengan praktikum sebelumnya. Tetapi saat memilih proyek alat, praktikan harus punya sendiri skema rangkaian yang akan diajukan. Saat itu saya dapet skema rangkaian "pengusir nyamuk" itu juga dikasih oleh teman saya, seperti inilah skema rangkaiannya:




Seperti itulah rangkaian yang saya dapatkan, meskipun terlihat gampang tapi ketika saya mencoba membuat sebuah layout. Begitu memusingkan pada saat penempatan 4 buah transistor yang berjajar, tetapi setelah saya akali dan benar. Terlihat begitu sempurna saat selesainya alat itu, begitu kecil pada pula saat penggambaran pada PCB. Inilah layout yang saya buat 100% menyala jika kalian tidak salah mengambar..hehehehe




3. MP (mikro prosesor)

Dimana praktikum berada pada semester 5, dimana praktikum ini berisi pemograman semua yang membuat kepala cenat-cenut. Di Praktikum ini awalnya menggunakan BGC, alat untuk memasukan perintah-perintah program yang sudah di tentukan. Meskipun programnya yang diberikan terbilang dasar dari sebuah alat, tapi tetap saja memusingkan. Di tahap kedua sudah memasuki penggunaan komputer untuk sarana pengetesan program. Apakah proram itu bekerja atau tidaknya, dengan aplikasi program yang telah di sediakan. Pada saat pendaftaran proyek saya dan kawan-kawan mendapatkan skema rangkaian LDR (light detector robot). Yang dimana alat ini jika terkena cahya lampu makan ia akan berjalan, skema rangkaian pun seperti gambar di bawah ini:



Disinilah makin besar ke tertarikan saya menyenai robotika, meskipun terbilang masih dasar tapi di praktikum inilah saya mulai mengenal sedikit dunia robotik. Seperti yang sudah-sudah, inilah bentuk layout yang saya pastikan bekerja.



dan inilah hasil yang kami buat



Jika ingin tau lebih lanjut bisa add facebook saya disini:

http://www.facebook.com/?sk=messages#!/Atep.90

Terimakasih telah berkunjung

.^_^.

5 komentar:

e-Dina mengatakan...

wah,,,, mksh bgt ea,,, :)

Unknown mengatakan...

sama2

Veendy F Suseno Putra. mengatakan...

Makasih bang. Infonya bantu banget

Unknown mengatakan...

, mkasihh kerenn bngett

Anonim mengatakan...

Nice artikel
Kunkungi:
Visit Us

Posting Komentar

 
;