Sabtu, 09 April 2011

Proposal

Definisi

Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
Sistematika pembuatan proposal antara lain :
1. Pendahuluan
  • Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
  • Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari(nyata)
  • Point-point pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T yang telah dibahas sebelumnya.
2. Dasar Pemikiran
  • Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: Tri Darma Perguruan Tinggi, program kerja pengurus dan lain-lain
  • Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah No sekian
3. Tujuan
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
  • Tentukan juga keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
Contoh :
  • Memperoleh kader-kader KMHDI
  • Memberi pengetahuan manajerial dan leadership bagi calon anggota KMHDI
4. Tema
  • Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
  • Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
  • Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
6. Target
  • Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
Contoh :
  • Target acara ini adalah untuk mencetak minimal 25 orang pelatih KMHDI yang masing-masing diantaranya, memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar yang Buku Pedoman Kaderisasi Jilid I KMHDI, dan setiap pelatih tersebut memiliki nilai rata-rata diatas 7 (dengan range 10) dalam setiap materi pelatihan.
7. Sasaran/Peserta
  • Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  • Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
9. Anggaran Dana
  • Dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri
10. Susunan Panitia
  • Dalam halaman atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
  • Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
  • Atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
12. Penutup
  • Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak.
  • Ditutup dengan lembar pengesahan proposal
  • Terakhir, diikuti dengan lampiran

Contoh Proposal:

I. Latar Belakang

Untuk merealisasikan visi misi Universitas Indonesia sebagai universitas kelas dunia, peranan UI dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak saja berasal dari kontribusi pengelola Universitas, lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil pene­litiannya di Lingkungan UI yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pem­ba­ngunan. Hasil-hasil penelitian baik berupa paten, artikel ilmiah, teknologi tepat guna, atau buku ajar perlu disebar­luaskan kepada para dosen atau peneliti lain maupun masya­rakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya.

Salah satu sistem komunikasi ilmi­ah yang perlu ditingkatkan ada­lah berkala ilmiah sebagai media komunikasi ilmi­ah (publikasi) baik skala nasional, regional, dan internasional yang dapat menerima artikel ilmiah bermutu yang berasal tidak hanya dari lingkungan UI, tetapi dari luar UI. Media jurnal ilmiah tersebut yaitu Jurnal Makara yang terdiri dari empat seri yaitu, seri Sains, Teknologi, Sosial-Humaniora, dan Kesehatan.

Untuk menjaga kualitas jurnal ilmiah diperlukan suatu evaluasi atau penilaian dari badan pemberi akreditasi, yang dalam hal ini dilakukan oleh DIKTI. Jurnal Makara seri Kesehatan mendapatkan akreditasi B hingga bulan Juni 2007, dan untuk seri Teknologi, seri Sains dan seri Sosial-Humaniora juga mendapatkan akreditasi B hingga bulan November 2007. Pada akhir bulan Agustus 2007, para Pengelola Jurnal Makara kembali mengajukan akreditasi untuk penilaian berkala ilmiah tahap II. Hasil penilaian yang diperoleh sesuai SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.167/DIKTI/Kep/2007 untuk seri Sains mendapatkan akreditasi B, untuk seri Teknologi dan Kesehatan tidak terakreditasi, sedangkan seri Sosial-Humaniora sedang dalam proses penilaian.

Berpijak pada kegagalan akreditasi kedua jurnal ilmiah diatas, melalui instrumentasi penilaian berkala ilmiah yang disusun bersama oleh LIPI, Ikatan Penyunting Indonesia, Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, serta DP2M Ditjen Dikti (SK Dirjen Dikti No. 11/DIKTI/Kep/2006, tentang Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah), ternyata bukan hal yang mudah untuk mendapatkan akreditasi. Oleh karena itu Pengelola Jurnal perlu meningkatkan pengetahuan pengelolaan jurnal sesuai standar penilaian nasional yang meliputi 3 dimensi yang saling terkait, yaitu dimensi fisik/penampilan, dimensi manajemen, dan dimensi substansi. Sementara untuk Jurnal berkala ilmiah yang telah terakreditasi diperlukan pemeliharaaan dan peningkatan kualitas ketiga dimensi diatas.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan penataran dan lokakarya menajemen/pengelolaan berkala ilmiah secara sistematis.

II. Tujuan Penataran dan Lokakarya

Tujuan utama penlok ini adalah meningkatkan kemampuan pengelola berkala ilmiah termasuk mekanisme serta segi-segi penting dalam meningkatkan mutu berkala dan proses akreditasi.

Adapun tujuan khusus kegiatan penlok ini adalah agar para peserta penataran dan lokakarya dapat :

1. Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan, dasar falsafah, prinsip-prinsip dan prosedur publikasi berkala ilmiah;

2. Meningkatkan motivasi untuk dapat ikut serta meningkatkan publikasi hasil-hasil penelitian/pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk berkala ilmiah;

3. Membangun dan memperkokoh jaringan komunikasi ilmiah antar dewan redaksi Jurnal Makara.

III. Metode Penataran dan Lokakarya

Di dalam meningkatkan pemahaman pengelolaan berkala ilmiah, peserta diberi pengetahuan teoritis dan praktis tentang seluk beluk pengelolaan berkala ilmiah. Demikian pula akan diadakan diskusi untuk membahas berbagai kesulitan dalam pengelolaan Jurnal Makara. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat melakukan evaluasi diri atas berkala yang dikelola dan untuk selanjutnya dapat dipakai sebagai alat untuk membuat perencanaan perbaikan mutu penerbitannya. Lebih terperinci, metode penlok adalah seperti berikut:

1. Ceramah. Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang suatu topik. Dalam ceramah diuraikan kerangka materi secara lengkap, jelas, mudah dipahami, dan aplikatif. Metode ceramah dalam penlok ini diusahakan untuk menghindari pembahasan teoritis yang berlarut-larut dan lebih menekankan pada contoh-contoh kasus beserta pemecahannya. Waktu penyajian materi 45 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab.

2. Diskusi. Diskusi berlangsung pada sesi khusus (sesi IV), untuk mendiskusikan berbagai hambatan dalam pengelolaan Jurnal makara. Diskusi dipilih untuk lebih memberikan kesempatan kepada para peserta: membahas, mempertanyakan, menggarisbawahi, memberikan masukan, dan memperdalam materi yang diceramahkan.

IV. Deskripsi Pokok Bahasan

Materi atau pokok bahasan penataran dan lokakarya dipilih melalui pertimbangan kebermaknaan dengan tujuan kegiatan. Selanjutnya materi tersebut akan diberikan oleh pemateri yang dipilih di antara tenaga ahli/pakar yang sudah berpengalaman dari DIKTI. Adapun rincian materi adalah sebagai berikut:

1. Kebijakan Pengembangan Berkala Ilmiah Nasional. Kasubdit Publikasi dan Sistem Informasi DP2M-Dikti akan menyampaikan kebijakan yang telah dan akan diberlakukan sehubungan dengan upaya peningkatan mutu hasil penelitian dan diseminasinya serta akreditasi berkala ilmiah.

2. Format. Paparan meliputi penjelasan perbedaan makna antara format dan gaya dalam kaitan dengan penampilan, keberkalaan, keajekan, penomoran terbitan, dan penomoran halaman.

3. Teknik Penyuntingan. Dalam topik ini akan disampaikan butir-butir penting yang perlu dicermati dalam menilai suatu naskah yang akan dimuat, mulai dari penyuntingan judul artikel sampai daftar pustaka.

4. Organisasi Penerbitan. Pokok bahasan yang disampaikan terdiri atas beberapa kiat: (a) menampung naskah dari penulis, menghimpun artikel dalam jumlah yang cukup dan berkesinambungan, (b) melaksanakan kode etik penyuntingan, mengelola naskah (c) memperoleh dana dari iklan, (d) memperluas pemasaran di kalangan perguruan tinggi, lembaga litbang, baik pemerintah, industri, swasta, serta himpunan profesi, (e) memelihara hubungan baik dengan pelanggan melalui peningkatan teknik komunikasi, (f) meningkatkan jumlah tiras dan sirkulasi, (g) meluaskan distribusi berkala dari segi geografis, dan (h) menata organisasi dan personalia sesuai dengan kebutuhan penerbitan berkala ilmiah.

5. Pengendalian Mutu Berkala Ilmiah (Akreditasi). Meskipun Instrumen Evaluasi untuk Akreditasi Berkala Ilmiah telah dijadikan panduan oleh pengelola berkala dalam pengajuannya untuk memperoleh akreditasi, banyak butir penting yang belum dipahami. Mata acara ini dimaksudkan agar ada kesamaan persepsi mengenai setiap butir dalam instrumen evaluasi antara pengelola berkala dan evaluator, terutama instrumen yang baru.

Pelajaran Terpetik dari Kegagalan Mengakreditasi. Materi yang dikemukakan ialah hal-hal yang terabaikan oleh pengelola berkala ketika mengajukan akreditasi, mulai dari persyaratan administrasi, menjaga mutu tampilan fisik berkala, sampai pada mutu artikel yang dimuat.

6. Diskusi dalam kelompok kecil: (a) berlatih menyunting naskah artikel, hambatan dalam manajemen pengelolaan berkala ilmiah, (b) simulasi untuk mengajukan akreditasi. Diskusi akan dikembangkan agar terbentuk persepsi yang sama antara pengelola dan penilai akreditasi dalam menerjemahkan butir-butir yang tercantum dalam Instrumen Evaluasi untuk Akreditasi Berkala Ilmiah, (c) berbagi pengalaman mengatasi hambatan dan pengelolaan berkala ilmiah, dan (d) menerima umpan balik dari fasilitator untuk meningkatkan mutu berkala.

V. Waktu dan Tempat

Penataran dan lokakarya diselenggarakan pada Hari Kamis tanggal 31 Juli 2008, bertempat di Gedung Serbaguna Lt.3 Gedung Perpustakaan Pusat, Kampus Universitas Indonesia – Depok.

VI. Fasilitator dan Peserta

1. Pembicara/Fasilitator terdiri atas anggota Tim Penelaah/Evaluator Akreditasi Berkala Ilmiah Dikti.

2. Peserta Penataran dan lokakarya aktif/penuh adalah pengelola berkala (dewan redaksi) yang terlibat dalam penerbitan Jurnal Makara.

3. Peserta Penataran adalah pengelola berkala ilmiah (1 orang perwakilan dewan redaksi) dari masing-masing pengelola jurnal berkala ilmiah yang berada di lingkungan UI

4. Peserta yang diundang dalam Penlok berjumlah 38 dewan editor dari setiap seri Jurnal Makara ditambah perwakilan pengelola jurnal ilmiah di lingkungan UI sebanyak 30 orang.


Daftar Hadir Pembicara

No.

Nama

Istansi

No. Telp/HP

Email

1

Prof. Dr. Suminar S. Achmadi

Departemen Kimia IPB

0251 324794

ssachmadi@cbn.net.id

2

Prof. Dr. Wasmen Manalu

FKH IPB

08158848829

wasmenmanalu@yahoo.com

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Sains

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Dr. Jarnuzi Gunlazuardi

Dept. Kimia

FMIPA UI, Depok

021-7270027

jarnuzi@ui.edu

2

Dr. rer. nat. Anja Meryandini

Pusat Penelitian Sumber Daya Hayati dan Bioteknologi

IPB, Bogor

0811816576

ameryandini@yahoo.com

3

Prof. Dr. Djati Kerami

Dept. Matematika

FMIPA UI, Depok

0811178790

djatikr@ui.edu

4

Dr. rer. nat. Evvy Kartini

BATAN, Serpong

08121050401

kartini@batan.go.id

5

Dr. Drs. Terry Mart

Dept. Fisika

FMIPA UI, Depok

081319180361

tmart@fisika.ui.ac.id

6

Dra. Wellyzar Sjamsuridzal, M.Sc., Ph.D

Dept. Biologi

FMIPA UI, Depok

08881863355

sjwelly@hotmail.com

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Teknologi

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Dr. Ir. Ing. Misri Gozan, M.Tech

Dept. Teknik Gas dan Petrokimia

FT UI, Depok



2

Dr. Ir. Haryo Dwito Armono, M.Eng

Fakultas Teknologi Kelautan,

ITS, Surabaya

081330459203

armono@oe.its.ac.id

3

Dr. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng

Dept. Teknik Elektro

FT UI, Depok

08569009843

k.ramli@eng.ui.ac.id

4

Dr. Ir. Mukhtasor

Fakultas Teknologi Kelautan

ITS, Surabaya

081330424224

mukhtasor@oe.its.ac.id

5

Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng

Pusat Penelitian Fisika

LIPI, Serpong

081381913415

nurultaufiqur@yahoo.co.jp

nano_indonesia@yahoo.com

6

Prof. Dr. Ir. Ing. Raldi Artono Koestoer

Dept. Teknik Mesin

FT UI, Depok

08161992186

koestoer@eng.ui.ac.id

7

Dra. Titiresmi A, M.Si

Balai Teknologi Lingkungan

Serpong

021-7560919

08161313797

titiresmi@hotmail.com

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Sosial-Humaniora

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si

Fakultas Psikologi, UI

0816741665

liche@ui.edu

2

Prof. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., Ph.D

FISIP, UI

0811181894

adrianus@ui.edu

3

Prof. Dr. Andreas Budihardjo

Prasetya Mulya Business School

08128592751

andreasbs@pmbs.ac.id

4

Prof. Dr. Fatimah Djajasudarma

Fakultas Sastra

Unpad, Bandung

0811225953

fatimahdj@yahoo.com

5

Prof. Dr. Yusti Probowati, Psikolog

Fakultas Psikologi

Universitas Surabaya

08165434186

yprobowati@yahoo.com

6

Avanti Fontana, Ph.D., CF, CPBC

FE UI

081310182099

avanti.fontana@ui.edu

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Kesehatan

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D

FKM UI

08129602420

asq69@yahoo.co.uk

2

Prof. dr. Ali Gufron, M.Sc., Ph.D

UGM

0811255702

ghufron_mukti@yahoo.com

3

Prof. Dr. J. Mukono, dr., MS., MPH

UNAIR, Surabaya

0811349910

mukono_j@yahoo.com

4

Dr. dr. Purwantyastuti, M.Sc., SpFK

Dept. Farmakologi

FK UI, Jakarta

0816713064

purwanty2703@yahoo.com

5

Prof. Dr. dr. Sudijanto Kamso, SKM

Dept. Biostatistik & Kependudukan

FKM UI, Depok

0816814438


6

Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D

FKM

Univ. Hassanudin, Makassar

0811441803


Daftar Hadir Pengelola Jurnal di Lingkungan UI

No.

Nama

Nama Jurnal

No. Telp/HP

Email

1

Anne Sudiar, SKM

Jurnal Kesehatan Masyarakat

08129007220

jurnalkm@ui.edu

2

Desy Kristine

Jurnal Hukum Internasional: Indonesian Journal of International Law

Lembaga Pengkajian Hukum Internasional FH UI, Depok

08567360155

lph1@ui.edu

3

Dr. Arry Yanuar

Majalah Ilmu Kefarmasian

081389469141

yanuar@farmasi.ui.ac.id

4

Ati Agustina Antares, SKM

The Indonesian Journal of Gastroentology, Hepatology and Digestive Endoscopy

081324308200

pbpegi@yahoo.com

5

Dahlia Sari, M.Si

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia

Departemen Akuntansi, FE UI, Depok

08128351673

dahlia-s@ui.edu

6

Dian Triastuty, S.Sos., MM

Jurnal Polisi

0816822006

jurnal_polisi@gmail.com

dian_jurnal@gmail.com

7

drg. Dwi Gayatri, MPH

Jurnal Kesehatan Masyarakat

08159129910

dwi.gayatri@ui.edu

8

Paramitaningrum, S.Sos

Jurnal Global

Dept. HI – FISIP UI

021-7873744

081586234132

paramitaningrum.sos@ui.edu

9

Nasrulloh Riyano, S.Sos

Jurnal Kajian Wilayah Eropa

Program Pasca Sarjana UI, Jakarta

021-91899513

n.riyano@gmail.com

10

Hayuni Rahmah, Skp., MNS

Jurnal Keperawatan Indonesia

FIK UI, Depok

087877569303

hayuni@ui.edu

11

Irwansyah, MA

Jurnal Thesis (FISIP)

081511911183

irw4n5@yahoo.com

12

dr. Isnaini A. Suryono, MS

The Medical Journal of Indonesia

0816790249

isnaini.azizah@ui.edu

13

Kemala Widya Paramita

Teropong : Media Hukum dan Keadilan, MaPPI FH UI, Depok

081380273332

lala.ibu.peri@gmail.com

14

Dr. Marcellus Simadibrata. K, Ph.D., SpPD-KGEH

The Indonesian Journal of Gastroentology, Hepatology and Digestive Endoscopy

0816920448

cgom@indosat.net.id

15

Ir. Nurhadi Wiyono, M.Si

Journal of Population

021-7872911

nhwiyono@ld.feui.org

16

Riani Widiarti, M.Si

Sains Indonesia

Div. Riset dan Pengabdian Masyarakat FMIPA UI, Depok

021-77211473

rianiwid@yahoo.co.id

17

Riri Maria, SKp

Jurnal Keperawatan Indonesia

FIK UI, Depok

021-98786148

riri76@ui.edu

kbmngga@yahoo.com

18

Riswan Efendi Tarigan, M.Kom

Jurnal Sistem Informasi

021-32454617

relarigan@cs.ui.ac.id

19

Dr. Rokhmatuloh, M.Eng

Jurnal Geografi

Dept. Geografi FMIPA UI

021-7270030

rokhmatuloh.ssi@ui.edu

20

Alin Halimatussadiah, SE., ME

Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia

KANOPI (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia)

021-7875415

alin_halimah@yahoo.com

21

Sudiariandini. S, SKM

Acta Medica Indonesia

Dept. Penyakit Dalam FK UI, Jakarta

021-31903775

ijim@inaactamedica.org

pipfkui@yahoo.com

22

Ir. Susy A. Nataliwati, M.Si

Manabu: Journal of Japanese Studies

PSJ UI, Depok

08159379883

susy_aina@yahoo.com

23

Nanharta

Jurnal Teknologi

Fakultas Teknik UI, Depok

085694400663

hrt_nan@yahoo.com

24

Dr. Lia Damayanti, M.Biomed., SpPA

Medical Journal of Indonesia

081311299227

eldamayanti@yahoo.com

25

Anik Budi Utami, S.Psi

Jurnal Gifted Review

085218363811

anik_azzahra@yahoo.co.id


VII. Agenda

Rabu, 30 Juli 2008

17.00 – 18.00 Pendaftaran Peserta dan Check-in di Pusat Studi Jepang (Khusus Peserta dari luar Daerah)

19.00- 19.30 Ramah Tamah dan Makan Malam

19.30 - Istirahat

Kamis, 31 Juli 2008

08.00 – 08.30 Registrasi

08.30 – 09.00 Pembukaan oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (Bachtiar Alam, Ph.D)

Presentasi :

SESI I

09.00 – 10.00 Kebijakan Pengembangan Berkala Ilmiah Nasional

Pembicara : Prof. Dr. Suminar S. Achmadi

Moderator : Dra. Fatma Lestari, M.Si.,Ph.D.

10.00 – 10.15 Rehat Kopi

SESI II

10.15 – 11.30 Pengelolaan Jurnal

(Sumber naskah, Format, Pengembangan Gaya Selingkung, Teknik Penyuntingan dan Organisasi Penerbitan)

Pembicara : Prof. Dr. Wasmen Manalu

Moderator : Dr. Budiarso, M.Eng.

11.30 – 12.30 Pengendalian Mutu dan Pelajaran Terpetik dari kegagalan Akreditasi

Pembicara : Prof. Dr. Suminar S. Achmadi

Moderator : Dr. Yoki Yulizar

13.30 – 14.00 Ishoma

Diskusi Kelompok dan Pleno

14.00 – 15.30 Diskusi “Jurnal Makara”

Pembicara : Semua Fasilitator

15.30 – 16.00 Rehat Kopi

16.00 – 16.30 Pleno : Rencana Tindak Lanjut Jurnal Makara untuk Akreditasi

Pembicara : Perwakilan seri Jurnal Makara

16.30 – 16.45 Penutupan

Jum’at, 01 Agustus 2008

07.00 Check Out (Khusus Peserta Luar Daerah)

VIII. Kepanitiaan

Penanggung Jawab : Bacthiar Alam, Ph.D

Panitia Pengarah : Dr. Ir. Budiarso, M.Eng

Dr. Jarnuzi Gunlazuardi

Dr. Ing. Misri Gozan, M.Tech.

Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si.

Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.

Panitia Pelaksana

Ketua : Dr. Yoki Yulizar

Wakil Ketua : Dra. Fatma Lestari, M.Si.,Ph.D.

Tirta N. Mursitama, Ph.D.

Kesekretariatan : AAA. Ratna Dewi, M.Si., Ak

Vera Andriyani, SKM

Wanti Wulandari, S.Si

Cucu Sukaesih

Amalia Kamilah, S.Si

Siti Muliyanti

Bendahara dan Konsumsi : Rr.Tutik Sri Hariyati, S.Kp., MARS

Almira Gitta

Melly Riana

Acara : Suharti, A.md

Dina Nur Wulandari, S.Kp

Lenny Maykel Muliawati, SKM

Krestika

Dwi Dharmaningsih, S.Kp

Dokumentasi dan Publikasi : Ahmad Nizhami, S.Si.

M. Prabu W

Maman Suherman

Perlengkapan : Mukhlis Sutami, S.Pd

Sudarmadji, M.Si

Yusuf

Uraian Tugas Kepanitiaan

Penanggung Jawab

Bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan Penataran dan Lokakarya Jurnal Makara (Penlok Jurnal Makara).

Panitia Pengarah

Memberikan pengarahan dan memantau berlangsungnya kegiatan penlok yang akan dilaksanakan.

Ketua dan Wakil Ketua

1. Merencanakan dan menyusun kegiatan penlok yang akan dilaksanakan

2. Memberi pengarahan kepada anggota panitia lainnya tentang kegiatan penlok yang akan dilangsungkan

3. Memberi masukan materi untuk penlok yang akan dilaksanakan

4. Mengkoordinasi seluruh kegiatan penlok dengan seluruh tim kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

● Penanggung Jawab Kesekretariatan/Registrasi/Undangan :

  1. Mengkoordinasi dan mempersiapkan surat menyurat dan pengirimannya dari persiapan sampai selesai;
  2. Mempersiapkan undangan ke pembicara untuk tiap sesi;
  3. Mempersiapkan undangan ke peserta
  4. Memastikan jumlah peserta dengan mengkonfirmasi kehadiran calon peserta dan membuat daftar peserta untuk disampaikan kepada bagian registrasi;
  5. Menyiapkan daftar peserta dan memonitor kehadiran peserta;
  6. Menyiapkan seminar kit pada hari pelaksanaan;
  7. Menyiapkan name tag;
  8. Menyiapkan segala bentuk informasi;
  9. Mengkonfirmasi kepada moderator;
  10. Menyiapkan daftar peserta;
  11. Membuat notulensi rapat;
  12. Membuat arsip kegiatan penlok
  13. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan penlok

● Penanggung Jawab Bendahara/Konsumsi :

  1. Menyiapkan anggaran dan permohonan pencairan dana ke pihak Dir. Keuangan UI;
  2. Menangani masalah keuangan untuk peminjaman ruang Wisma Makara
  3. Mengatur aliran dana/cashflow dana;
  4. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;
  5. Memastikan dan memonitor jumlah makanan yang dipesan baik untuk unit setiap rehat maupun makan siang;
  6. Check kesiapan ruang untuk rehat dan makan siang.

● Penanggung Jawab Acara

1. Menyiapkan acara;

  1. Menghubungi dan meminta konfirmasi pembicara;
  2. Memonitor jalannya acara;
  3. Mendampingi tamu undangan;
  4. Menyiapkan MC.

● Penanggung Jawab Dokumentasi/Publikasi

  1. Menyiapkan bahan publikasi penlok;
  2. Mencari dan mengarahkan panitia bidang dokumentasi untuk mengabadikan momen-momen penting.

● Penanggung Jawab Perlengkapan/Akomodasi

  1. Menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam ruangan, seperti : LCD, Komputer/lap top, kabel gulung, sound sytem, pengaturan meja dalam ruang, timer, pointer, layar, menyiapkan meja registrasi dan perlengkapannya, dan mengatur dekorasi
  2. Menyiapkan dan membuat disain materi publikasi (backdrop, spanduk)
  3. Memasang Back-Drop dan Spanduk
  4. Mengurus ijin pemasangan ke UPT PLK UI.

IX. Sumber Dana

Sumber dana kegiatan Penataran dan Lokakarya Jurnal Berkala Ilmiah berasal dari dana RKAT DRPM UI.

Lampiran

Lampiran 1

Sesi I

Teknik Penyuntingan Naskah Artikel

Lampiran 2

Sesi II

Memburu Naskah dan Manajemen Pengolahan Naskah

Lampiran 3

Sesi II

Pengembangan dan Pemapanan Gaya Selingkung

Berkala Ilmiah

Lampiran 4

Sesi II

Organisasi Penerbitan Jurnal lmiah

Lampiran 5

Sesi III

Pengendalian Mutu dan Pelajaran Terpetik

dari Kegagalan Akreditasi

Lampiran 6

Notulensi Penataran dan Lokakarya

Jurnal Berkala Ilmiah

Lampiran 7

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Sains

Lampiran 8

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Teknologi

Lampiran 9

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Sosial-Humaniora

Lampiran 10

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Kesehatan

Lampiran 11

Notulensi Rapat Pleno Jurnal Makara

Lampiran 12

Daftar Dewan Editor Jurnal Makara

Lampiran 13

Daftar Pengelola Jurnal di Lingkungan UI


Wacana ini saya ambil dari : http://mystroberi.blogspot.com/2010/10/sistematika-proposal.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
;