Minggu, 09 Mei 2010

Perbedaan CRT dan LCD

Tabung sinar katoda (Cathode ray tube)

Artikel ini adalah tentang teknologi display. Untuk kegunaan lain, lihat CRT (disambiguasi)
Sinar katoda tabung (CRT) adalah sebuah tabung vakum berisi senapan elektron (sumber elektron) dan layar fluorescent, dengan sarana internal atau eksternal untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron, digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk cahaya yang dipancarkan dari layar fluorescent. Gambar dapat mewakili bentuk gelombang listrik (osiloskop) gambar (televisi, monitor komputer), target radar dan lain-lain.

CRT menggunakan kaca dievakuasi amplop yang besar, mendalam, berat, dan relatif rapuh. Tampilan teknologi tanpa kekurangan ini, seperti menampilkan plasma datar, menampilkan kristal cair, DLP, OLED telah menggantikan CRT pada banyak aplikasi dan sudah menjadi fenomena umum sebagai biaya penurunan.


Cutaway render warna CRT:
1. Tiga Elektron senjata (untuk titik fosfor merah, hijau, dan biru)
2. Elektron balok
3. Fokus kumparan
4. Kumparan defleksi
5. Koneksi anoda
6. Mask untuk memisahkan balok untuk merah, hijau, dan bagian biru dari gambar yang ditampilkan
7. Lapisan fosfor dengan warna merah, hijau, dan biru zona
8. Close-up bagian dalam dilapisi fosfor-layar

Diperbesar melihat dari warna topeng bayangan CRT

Diperbesar melihat bukaan sebuah CRT warna kisi-kisi

Sejarah

Versi awal CRT ditemukan oleh fisikawan Jerman Ferdinand Braun pada tahun 1897 dan juga dikenal sebagai tube.It Braun sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes dengan layar dilapisi fosfor-.
Pada tahun 1907, ilmuwan Rusia Boris Rosing digunakan CRT di akhir menerima sinyal video eksperimental untuk membentuk gambar. Dia berhasil menampilkan bentuk geometris sederhana ke layar, yang menandai pertama kalinya bahwa teknologi CRT digunakan untuk apa yang sekarang dikenal sebagai televisi.
Tabung sinar katoda pertama menggunakan katoda panas dikembangkan oleh John B. Johnson (yang memberi nama kepada kebisingan Johnson panjang) dan Harry Weiner Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada tahun 1922.


A CRT monitor yang umum digunakan dalam komputer dan televisi

Ikhtisar

Tabung sinar katoda adalah tabung hampa yang terdiri dari senjata satu atau lebih elektron, mungkin internal lendutan pelat elektrostatik, dan target fosfor. Di televisi dan monitor komputer, daerah depan seluruh tabung dipindai berulang-ulang dan sistematis dalam pola tetap disebut raster sebuah. Sebuah gambar dihasilkan dengan mengendalikan intensitas dari masing-masing elektron tiga balok, satu untuk setiap warna primer aditif (merah, hijau, dan biru) dengan sinyal video sebagai referensi. Dalam semua monitor CRT modern dan televisi, balok yang dibengkokkan oleh defleksi magnetik, medan magnet yang bervariasi yang dihasilkan oleh gulungan dan digerakkan oleh sirkuit elektronik di leher tabung, walaupun defleksi elektrostatik umum digunakan di osiloskop, jenis instrumen diagnostik.
Oscilloscope CRT
Dalam CRT osiloskop, defleksi elektrostatik digunakan, bukan defleksi magnetik umumnya digunakan dengan televisi dan CRT besar lainnya. balok ini dibelokkan horizontal dengan menerapkan medan listrik antara sepasang piring ke kiri dan kanan, dan vertikal dengan menerapkan medan listrik untuk pelat atas dan di bawah.


Elektron gun

Fosfor ketekunan

Berbagai fosfor yang tersedia tergantung pada kebutuhan pengukuran atau aplikasi layar. Kecerahan, warna, dan ketekunan pencahayaan tergantung pada jenis fosfor yang digunakan pada layar CRT. Fosfor tersedia dengan persistences berkisar dari kurang dari satu mikrodetik untuk beberapa seconds.For pengamatan visual peristiwa transien singkat, sebuah fosfor kegigihan panjang mungkin diinginkan. Untuk kegiatan yang cepat dan berulang-ulang, atau frekuensi tinggi, sebuah fosfor kegigihan pendek umumnya lebih baik.
Microchannel piring
Ketika menampilkan cepat satu-shot peristiwa berkas elektron harus bias sangat cepat, dengan beberapa elektron menimpa layar; mengarah ke tampilan pingsan atau tak terlihat. CRT osiloskop dirancang untuk sinyal-sinyal yang sangat cepat dapat memberikan tampilan lebih cerah dengan mengirimkan berkas elektron melalui pelat mikro-channel sesaat sebelum mencapai layar. Melalui fenomena emisi sekunder pelat ini mengalikan jumlah elektron mencapai layar fosfor, memberikan peningkatan yang signifikan dalam penulisan tingkat (kecerahan), dan meningkatkan sensitivitas dan ukuran spot juga.
Graticules
Kebanyakan osiloskop graticule sebagai bagian dari tampilan visual, untuk memfasilitasi pengukuran. graticule mungkin ditandai secara permanen di dalam wajah CRT, atau mungkin sepiring eksternal transparan. graticules eksternal biasanya terbuat dari kaca atau plastik akrilik. Sebuah graticule internal juga memberikan keuntungan dalam bahwa menghilangkan kesalahan paralaks. Tidak seperti graticule eksternal, sebuah graticule internal tidak dapat diubah untuk mengakomodasi berbagai jenis measurements.Oscilloscopes umumnya menyediakan cara untuk graticule yang akan sisi-diterangi, yang meningkatkan visibilitas ketika digunakan di dalam ruangan gelap atau ketika dinaungi oleh tudung kamera .

Warna CRT

Warna tabung menggunakan tiga fosfor yang berbeda yang memancarkan merah, hijau, dan cahaya biru masing-masing. Mereka yang dikemas bersama dalam garis-garis (seperti dalam desain kisi-kisi aperture) atau kelompok yang disebut "triad" (seperti dalam bayangan CRT topeng) Warna CRT. Punya senjata elektron tiga, satu untuk setiap warna dasar, diatur baik dalam garis lurus atau dalam sebuah segitiga konfigurasi (senjata biasanya dibangun sebagai satu kesatuan). Sebuah kisi-kisi atau masker menyerap elektron yang dinyatakan akan memukul tabung bayangan topeng salah phosphor.A menggunakan pelat logam dengan lubang-lubang kecil, ditempatkan sehingga berkas elektron hanya menerangi fosfor yang benar di muka tabung. Jenis lain warna CRT menggunakan kisi-kisi aperture untuk mencapai hasil yang sama.



Spektrum konstituen biru, fosfor hijau dan merah dalam CRT umum

Konvergensi di CRT warna

Ketiga balok dalam CRT warna tidak akan menyerang layar pada titik yang sama tanpa kalibrasi konvergensi. Sebaliknya, mengatur perlu disesuaikan secara manual untuk berkumpul tiga balok berwarna sama untuk menjaga akurasi warna.

Degaussing

Sebagian besar televisi CRT dan monitor komputer memiliki kumparan) built-in degaussing (demagnetizing, yang saat power-up menciptakan singkat, bolak medan magnet yang meluruh dalam kekuatan selama beberapa detik. Degaussing bidang ini cukup kuat untuk menghapus sebagian besar kasus magnetisasi bayangan topeng.

Vector monitor

Artikel utama: Vector monitor
Vector monitor digunakan dalam komputer sistem desain awal dibantu dan dalam beberapa-tahun 1970-an hingga pertengahan 1980-an arcade game seperti menggambar grafik Asteroids.They point-to-point, daripada sebuah raster scan.

CRT resolusi

Dot pitch mendefinisikan resolusi maksimum layar, dengan asumsi CRT delta-gun. Dalam hal ini, sebagai pendekatan resolusi scan resolusi dot pitch, moiré muncul, sebagai detail yang ditampilkan adalah lebih baik daripada apa yang bisa membuat masker bayangan. Aperture grill monitor tidak menderita dari moiré vertikal, Namun, karena garis-garis fosfor mereka tidak memiliki detail vertikal. Dalam CRT lebih kecil, strip ini mempertahankan posisi sendiri, tapi CRT kisi-kisi diafragma yang besar membutuhkan satu atau dua melintang (horizontal) strip dukungan.

Gamma

CRT memiliki karakteristik trioda diucapkan, yang menghasilkan gamma signifikan (hubungan nonlinear dalam senapan elektron antara tegangan video diterapkan dan intensitas cahaya).
Lain jenis CRT
Mata kucing
Di radio tabung yang lebih baik kualitas panduan tuning set terdiri dari sebuah tabung fosfor digunakan untuk membantu penyesuaian tuning. Ini juga dikenal sebagai "Magic Eye" atau "Tuning Eye". Tuning akan disesuaikan sampai lebar bayangan radial diminimalkan. Ini digunakan sebagai pengganti meteran elektromekanis lebih mahal, yang kemudian datang untuk digunakan pada lebih tinggi-tuners berakhir ketika set kekurangan transistor tegangan tinggi yang diperlukan untuk drive perangkat.

Charactrons

Beberapa tampilan untuk komputer awal (yang dibutuhkan untuk menampilkan teks lebih dari yang praktis dengan menggunakan vektor, atau yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk output fotografi) digunakan Charactron CRT. Ini menggabungkan karakter topeng logam berlubang (stensil), yang membentuk suatu berkas elektron yang luas untuk membentuk karakter di layar. Sistem ini memilih tokoh di topeng menggunakan satu set rangkaian defleksi, tetapi yang mengakibatkan tiang diekstrusi akan dibidik off-axis, sehingga set kedua pelat defleksi harus kembali tujuan balok sehingga menuju pusat layar. Satu set ketiga lempeng karakter tempat di mana saja yang diperlukan. balok adalah unblanked (dihidupkan) sebentar untuk menggambar karakter di posisi itu. Grafik dapat ditarik dengan memilih posisi pada masker yang sesuai dengan kode untuk spasi (dalam praktek, mereka hanya tidak ditarik), yang memiliki lubang bundar kecil di tengah; ini secara efektif menonaktifkan topeng karakter, dan sistem kembali terhadap perilaku vektor biasa. Charactrons memiliki leher yang sangat panjang, karena kebutuhan untuk tiga sistem defleksi.

NiMo


NiMo adalah merek dagang dari keluarga yang sangat kecil CRT non standard diproduksi oleh Industri Elektronik Insinyur dengan 10 elektron senapan, yang membentuk berkas elektron sebagai digit, dengan prinsip yang sama seperti charactron itu. Mereka dimaksudkan sebagai satu digit, menampilkan sederhana, atau 4 atau 6 digit melalui sistem defleksi magnetik khusus. Hanya memiliki jenis elektroda 3 (filamen sebuah, anoda dan 10 grid yang berbeda), sirkuit mengemudi untuk tabung ini sangat sederhana, dan sebagai gambar diproyeksikan di muka kaca, ini memungkinkan sebuah sudut pandang yang lebih luas daripada misalnya tabung dewi air yang NiMo mencoba menggantikan.


NiMo tabung BA0000-P31

Kematian

Permintaan untuk layar CRT telah turun dengan cepat, dan produsen yang merespons kecenderungan ini. Sebagai contoh, pada tahun 2005 Sony mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi CRT menampilkan komputer. Telah umum untuk menggantikan TV yang berbasis CRT dan monitor hanya dalam 5-6 tahun, meskipun mereka umumnya mampu kinerja yang memuaskan selama waktu yang lebih lama.
Akhir produksi CRT yang paling high-end pada pertengahan tahun 2000-an (termasuk Sony high-end dan lini produk Mitsubishi) berarti erosi kemampuan CRT's. Samsung tidak memperkenalkan model CRT untuk tahun 2008 model pada Consumer Electronics Show 2008 dan pada tanggal 4 Februari 2008 Samsung dihapus 30 mereka "CRT layar lebar dari situs web mereka di Amerika Utara dan belum diganti dengan model baru kematiannya ini,. Namun , telah diadaptasi lebih lambat di negara berkembang. Menurut iSupply, produksi dalam unit CRT tidak dikalahkan oleh produksi LCD sampai 4Q 2007, karena sebagian besar untuk produksi CRT di pabrik-pabrik di Cina.
Di Britania Raya, DSG (Dixons), pengecer terbesar dari peralatan elektronik dalam negeri, melaporkan bahwa model CRT terdiri 80-90% dari volume televisi dijual di Natal 2004 dan 15-20% setahun kemudian, dan bahwa mereka diharapkan kurang dari 5% pada akhir tahun 2006. Dixons berhenti berjualan televisi CRT di tahun 2007.
Penyebab
CRT, meski kemajuan baru-baru ini, tetap relatif berat dan besar dan mengambil banyak ruang dibandingkan dengan teknologi layar lain, dan ini menjadi kelemahan signifikan sebagai konsumen dianggap panel datar tipis dan dinding-mountable titik penjualan. layar CRT memiliki lemari jauh lebih dalam dibandingkan dengan panel datar dan belakang menampilkan proyeksi untuk ukuran layar tertentu, dan sehingga menjadi tidak praktis untuk memiliki CRT lebih besar dari 40 inci (102 cm).
Secara umum, belakang-proyeksi LCD menampilkan dan membutuhkan lebih banyak kekuatan per menampilkan luas dari CRT untuk tampilan yang lebih besar dari 12 ", dengan asumsi yang sama kecerahan per cm persegi dan desain modern aperture grill Monokrom CRT. Bahkan lebih efisien daripada CRT warna. Ini karena sampai dengan 2/3rds kekuatan lampu latar belakang LCD dan menampilkan-proyeksi yang hilang untuk filter RGB garis Kebanyakan LCD juga memiliki penampakan warna miskin. dan dapat mengubah warna dengan sudut pandang, meskipun PVA modern dan IPS LCD telah sangat dilemahkan ini masalah.
Kebangkitan di pasar khusus
Pada kuartal pertama 2008, CRT merebut kembali posisi teknologi # 2 di Amerika Utara dari plasma, karena penurunan dan konsolidasi produsen layar plasma. DisplaySearch telah melaporkan bahwa meskipun pada tahun 2007 4Q CRT LCD melampaui penjualan di seluruh dunia, kemudian outsold CRT LCD di 1Q tahun 2008.
CRT dapat berguna untuk menampilkan foto dengan pixel tinggi per satuan luas dan keseimbangan warna yang benar. LCD, karena saat ini teknologi flatscreen yang paling umum, penampakan warna umumnya lebih rendah (walaupun memiliki kecerahan keseluruhan yang lebih besar) karena lampu neon biasanya digunakan sebagai lampu latar sebuah.
CRT masih populer di industri percetakan dan penyiaran serta dalam video profesional, fotografi, dan grafis bidang warna karena kesetiaan yang lebih besar mereka, kontras dan tampilan yang lebih baik dari off-axis (sudut pandang yang lebih luas). CRT juga masih menemukan penganut di video game karena resolusi yang lebih tinggi per biaya awal, waktu respon cepat, dan beberapa resolusi asli.

Kesehatan keprihatinan
Radiasi pengion

CRT dapat memancarkan sejumlah kecil radiasi sinar-X sebagai hasil dari pemboman berkas elektron dari topeng bayangan / kisi-kisi aperture dan fosfor. Jumlah radiasi yang melarikan diri dari depan monitor secara luas dianggap unharmful. Peraturan Food and Drug Administration dalam 21 CFR 1.020,10 digunakan untuk membatasi ketat, misalnya, televisi receiver dengan 0,5 milliroentgens per jam (mR / h) (0,13 μC / (kg h •) atau 36 pA / kg) pada jarak 5 cm (2) dari eksternal permukaan; sejak tahun 2007, sebagian besar CRT emisi yang jatuh di bawah batas ini.
Toksisitas

Warna dan CRT monokrom mungkin mengandung zat beracun, seperti kadmium, dalam fosfor. Tabung kaca belakang CRT modern dapat terbuat dari kaca bertimbel, yang merupakan bahaya lingkungan jika dibuang secara tidak benar. Pada komputer pribadi waktu diproduksi, kaca di panel depan (bagian dapat dilihat dari CRT) digunakan barium daripada memimpin, meskipun bagian belakang CRT masih diproduksi dari kaca bertimbal. Monokrom CRT biasanya tidak mengandung cukup kaca bertimbal gagal tes EPA.
Pada bulan Oktober 2001, Amerika Serikat Environmental Protection Agency dibuat peraturan yang menyatakan bahwa CRT harus dibawa ke fasilitas daur ulang khusus. Pada bulan November 2002, EPA mulai menghalus perusahaan yang dijual melalui tempat pembuangan sampah atau CRT insinerasi. Peraturan agen, lokal dan negara bagian, monitor CRT pembuangan dan peralatan komputer lainnya.
Di Eropa, penjualan televisi dan monitor CRT ditutupi oleh WEEE Directive.

Berkedip

Pada refresh rate rendah (di bawah 60 Hz), periodik scanning layar mungkin akan menghasilkan flicker menjengkelkan bahwa beberapa orang melihat lebih mudah daripada yang lain, terutama jika dilihat dengan penglihatan tepi. Sebuah refresh rate tinggi (di atas 72 Hz) mengurangi efek. menampilkan Komputer dan televisi dengan CRT didorong oleh elektronika digital sering menggunakan refresh rate 100 Hz atau lebih untuk menghilangkan sebagian besar persepsi dari flicker. Non-komputer atau CRT CRT untuk sonar atau radar mungkin memiliki fosfor persistensi panjang dan karena itu bebas flicker. Jika daya tahan terlalu panjang pada tampilan video, gambar bergerak akan kabur.
Frekuensi tinggi kebisingan
CRT digunakan untuk televisi beroperasi dengan frekuensi scanning horizontal 15.734 Hz (untuk sistem NTSC) atau 15.625 Hz (untuk sistem PAL). Frekuensi ini berada di kisaran atas pendengaran manusia dan tidak terdengar banyak orang, beberapa orang akan melihat nada tinggi melengking dekat CRT televisi operasi. Suara disebabkan magnetostriktif dalam inti magnetik transformator flyback.

Implosion

Sebuah vakum tinggi ada di semua tabung sinar katoda. Jika amplop kaca luar rusak, sebuah ledakan berbahaya dapat terjadi. potongan-potongan kaca dapat meledak ke arah luar pada kecepatan yang berbahaya. Sementara CRT modern yang digunakan di televisi dan menampilkan komputer telah epoxy-ikatan wajah-piring atau tindakan lainnya untuk mencegah pecahan amplop, CRT dihapus dari peralatan harus ditangani dengan hati-hati untuk menghindari cedera pribadi.

Keamanan keprihatinan

Dalam beberapa situasi, sinyal terpancar dari senapan elektron, pemindaian sirkuit, dan terkait kabel dari CRT dapat ditangkap dan digunakan untuk jarak jauh merekonstruksi apa yang ditampilkan pada CRT, menggunakan sebuah proses yang disebut Van Eck phreaking. Khusus Tempest perisai dapat mengurangi efek ini. semacam radiasi sinyal berpotensi dimanfaatkan namun terjadi juga dengan LCD dan dengan semua elektronik pada umumnya.

Tampilan Kristal Cair (LCD)

Tampilan Kristal Cair juga dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas dan beresoulusi tinggi.

Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.


Sebelum Anda menentukan pilihan antara LCD(Liquid Crystal Display) dan CRT(Cathode Ray Tube), sebaiknya Anda membaca tulisan berikut ini. Secara garis besar, yang perlu diperhatikan dalam memilih antara monitor LCD dan CRT adalah : pemakaian listrik dan lama penggunaan, jenis penggunaan, dan tentu saja budget yang ada di kantong. Spesifikasi antara LCD dan CRT jelas berbeda, jadi tidak bisa untuk membandingkan.

Untuk pemakaian listrik, monitor LCD jelas lebih ngirit. Monitor LCD BenQ FP71 G+S (17″) mengkonsumsi listrik 40 watt(max), sedangkan CRT 15″ yang dulu saya gunakan membutuhkan daya 65 watt. Jadi LCD lebih ngirit listrik daripada CRT, hal ini akan terasa jika jumlah komputer yang digunakan banyak.
Berdasar salah satu komentar di blognya mister Priyadi, monitor CRT warnanya lebih baik dan benar, jadi jika Anda seorang desainer, disarankan menggunakan monitor konde(CRT). Namun jika Anda seorang programmer(yang biasanya mojok di tempat gelap dan 2 hari 2 malam tidak beranjak dari depan komputer), saya sarankan menggunakan LCD, karena lebih aman dari radiasi untuk mata anda.

Meskipun berdasar pertimbangan2 diatas Anda sudah menentukan untuk memilih monitor mana yang sesuai untuk Anda, namun hal yang paling menentukan dalam hidup Anda adalah uang Anda, hehehehe. Harga minimal untuk monitor LCD berkelas sekitar 1.5jt (15″). Untuk duit segitu, Anda sudah bisa mendapatkan CRT 17″. Dan monitor LCD 17″ harga berkisar 2 jt-an, untuk dana segitu, Anda sudah bisa mendapatkan Core 2 Duo E6300 Allendale 1.86, hehehe…, opo hubungane jal?

Memilih Monitor LCD
Jika Anda sudah yakin akan menggunakan monitor LCD, sekarang saatnya untuk menentukan pilihan dari berbagai merek dan spesifikasi yang tersedia di pasar, dan sekali lagi hidup Anda ditentukan oleh duit Anda, hehehe.

Berikut beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih monitor LCD :

Pixel pitch.

Resolution.
Adalah maximum resolusi yang bisa ditampilkan. Untuk LCD 17″ biasanya bisa mencapai 1280×1024.

Brightness.
Semakin besar Brightness, semakin bagus LCD

Contrass Ratio.
Perbandingan antara hitam yang paling gelap dan putih yang paling terang. Semakin tinggi perbandingan, warna yang ditampilkan semakin detil. Jadi semakin tinggi perbadingan, maka LCD smakin bagus.

Response Time.
Adalah waktu yang dibutuhkan dari kondisi on ke off(falling time) dan off ke on(raising time). Falling time yang lambat biasanya meninggalkan ghosting time di layar(warna putih berbentuk titik). Response time biasanya digunakan untuk aplikasi yang bergerak cepat(game). Semakin kecil Response time, semakin bagus monitor LCD.

Viewing Angle.
Adalah maximum sudut untuk melihat monitor dengan tetap mempertahankan isi tampilan. semakin besar viewing angle, meskipun Anda harus melihat monitor dari belakang-pun, tetep keliatan tuh yang ditampilkan, asal pake cermin, xixixi…, jk.

Input Signal.
Saat ini, colokan monitor ada 2 jenis(es far es ai no), yaitu VGA dan DVI. DVI lebih baru dari-pada VGA. Katanya DVI bisa menampilkan gambar lebih baik untuk monitor LCD(kalo ini belum saya coba). Yang jelas, DVI lebih modern !!!

Oh, ya, jangan lupa perhatikan lama garansinya loh…

Cek spek2 tersebut pada masing2 vendor, karena toko jarang memiliki spek monitor LCD. Yang menghasilkan monitor antara lain : LG, BenQ, Prolink, GTC, dan ViewSonic. Untuk referensi harga, silakan cek di bhinneka.com atau telpon toko komputer sekitar Anda “ga ada salahnya kok klo cuma bertanya….”
Namun, secara bodhon, dalam memilih suatu barang adalah “Ono rego ono rupo”, xixixi, ga usah bingung2 liat spek, asal dana tak terbatas, barang yang bagus pasti didapat.

Sekedar berbagi pengalaman, saya menggunakan BenQ FP71 G+S dengan VGA nVIDIA GeForce 6150(bawaan DFI Invinity C-51 PV), dengan resolusi 1280×1024(max) menghasilkan gambar lebih halus daripada menggunakan resolusi yang lebih kecil. Untuk resolusi 1152×864 dan dibawahnya, tulisan ataupun gambar masih tampak pecah.

" Kesimpulan menurut saya ada beberapa ke unggulan dan kelemahan seperti tertera di atas jadi mau memilih CRT atau LCD anda yang menentukan "

artikel ini saya ambil dari Wikipedia dan blog tantos

1 komentar:

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Posting Komentar

 
;